education
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS i
UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
BAHASA INGGRIS
PANDUAN MATERI
SMK
PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN
BALITBANG DEPDIKNAS
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS i
KATA PENGANTAR
Dalam rangka sosialisasi kebijakan dan persiapan penyelenggaraan Ujian Nasional
Tahun Pelajaran 2007/2008, Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas
menyiapkan panduan materi untuk setiap mata pelajaran yang diujikan pada Ujian
Nasional. Panduan tersebut mencakup:
1. Gambaran Umum
2. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
3. Contoh Soal dan Pembahasan
Panduan ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi sekolah/madrasah dalam
mempersiapkan peserta didik menghadapi Ujian Nasional 2007/2008. Khususnya
bagi guru dan peserta didik, buku panduan ini diharapkan dapat menjadi acuan
dalam mewujudkan proses pembelajaran yang lebih terarah, sesuai dengan
Standar Kompetensi Lulusan yang berlaku pada satuan pendidikan.
Semoga buku panduan ini bermanfaat bagi semua pihak yang terkait dalam
persiapan dan pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2007/2008.
Jakarta, Januari 2008
Kepala Pusat
Burhanuddin Tola, Ph.D.
NIP 131099013
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS ii
DAFTAR ISI
Halaman
Kata pengantar ............................................................................. i
Daftar Isi ..................................................................................... ii
Gambaran Umum .......................................................................... 1
Standar Kompetensi Lulusan .......................................................... 2
Contoh Soal:
• Standar Kompetensi lulusan 1 ....................................................
• Standar Kompetensi lulusan 2 ....................................................
5
23
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 1
• Ujian nasional tahun pelajaran 2007/2008, bentuk tes Bahasa
Inggris tingkat SMK berupa tes tertulis dengan bentuk soal
pilihan ganda, sebanyak 50 soal terdiri dari 15 soal listening
comprehension dan 35 soal reading comprehension dengan
alokasi waktu 120 menit.
• Acuan yang digunakan dalam menyusun tes ujian nasional adalah
standar kompetensi lulusan tahun 2008 (SKL–UN–2008).
• Materi yang diujikan untuk mengukur kompetensi tersebut
meliputi:
1) Listening: Pemahaman teks lisan dengan cara menemukan
pernyataan yang tepat dari gambar yang diberikan,
menemukan pesan utama dan informasi rinci serta
menemukan respon yang tepat dari ungkapan-ungkapan yang
terdapat dari sebuah pertanyaan percakapan atau teks lisan
fungsional pendek.
2) Reading: Pemahaman isi teks fungsional pendek tertulis
seperti agenda, memo, laporan singkat, surat bisnis, surat
pribadi, iklan pendek, dll, dengan menemukan pesan utama,
informasi rinci tersurat/tersirat, rujukan kata sinonim,
antonim, makna kata dan menemukan kata/frase dalam teks
atau percakapan pendek tertulis yang tidak sesuai dengan
konteks dan tata bahasa, serta menentukan respon yang
tepat dari ungkapan-ungkapan yang terdapat dalam teks
tertulis.
GAMBARAN UMUM
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 2
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
(SKL)
URAIAN
1. LISTENING (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wacana
lisan interpersonal, transaksional
dan teks fungsional pendek
berkaitan dengan kehidupan seharihari,
pekerjaan, dan keprofesian.
• Menemukan pernyataan lisan yang
tepat menyangkut gambar.
• Menemukan respon yang tepat dari
ungkapan-ungkapan berikut:
- salam dan perpisahan
- cara berterimakasih
- perkenalan diri/orang lain
- deskripsi benda, orang, situasi
dan proses
- perbandingan dua atau lebih
benda/orang/situasi
- penanganan tamu/pelanggan
secara langsung atau tidak
langsung
- imperatif: perintah, permintaan,
larangan, arahan/petunjuk
- penawaran
- persetujuan
- pemesanan
- saran
- pendapat
- nasihat
- kemampuan
- izin
- kemungkinan
- keharusan
- pujian
- undangan
- penyesalan dan permintaan maaf
- pilihan
- pengandaian
- hobi/minat
- kegiatan sehari-hari/sedang
berlangsung/lampau/terencana/
sudah atau belum dilakukan
- kebiasaan pada waktu lampau
• Menemukan pesan utama dan
informasi rinci dalam teks lisan.
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 3
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
(SKL)
URAIAN
2. READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana
tulis interpersonal, transaksional
dan teks fungsional pendek
berkaitan dengan kehidupan seharihari,
pekerjaan dan keprofesian.
• Menemukan respon yang tepat dari
ungkapan-ungkapan berikut:
- salam dan perpisahan
- cara berterimakasih
- perkenalan diri/orang lain
- deskripsi benda, orang, situasi
dan proses
- perbandingan dua atau lebih
benda/orang/situasi
- penanganan tamu/pelanggan
secara langsung atau tidak
langsung
- imperatif: perintah, permintaan,
larangan, arahan/petunjuk
- penawaran
- persetujuan
- pemesanan
- saran
- pendapat
- nasihat
- kemampuan
- izin
- kemungkinan
- keharusan
- pujian
- undangan
- penyesalan dan permintaan maaf
- pilihan
- pengandaian
- hobi/minat
- kegiatan sehari-hari/sedang
berlangsung/lampau/terencana/
sudah atau belum dilakukan
- kebiasaan pada waktu lampau
• Menemukan kata/frasa dalam
sebuah teks tertulis/percakapan
pendek yang tidak sesuai dengan
tatabahasa atau konteks
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 4
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
(SKL)
URAIAN
• Menemukan pesan utama, informasi
rinci tersurat/tersirat, rujukan kata,
sinonim, antonim, makna kata dari
teks tertulis dalam bentuk
pengumuman, surat, menu, tabel,
jadwal, instruksi, iklan, profil, peta,
agenda, katalog, manual, lowongan
kerja, lebel dan diagram.
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 5
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 1. LISTENING (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wacana
lisan interpersonal, transaksional dan
teks fungsional pendek berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari,
pekerjaan, dan keprofesian.
URAIAN Describing things.
INDIKATOR Diperdengarkan empat pertanyaan
tentang lokasi sebuah benda, siswa
dapat memilih satu respon yang
sesuai dengan gambar yang
diberikan.
UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
BAHASA INGGRIS
PANDUAN MATERI
SMK
PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN
BALITBANG DEPDIKNAS
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS i
KATA PENGANTAR
Dalam rangka sosialisasi kebijakan dan persiapan penyelenggaraan Ujian Nasional
Tahun Pelajaran 2007/2008, Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas
menyiapkan panduan materi untuk setiap mata pelajaran yang diujikan pada Ujian
Nasional. Panduan tersebut mencakup:
1. Gambaran Umum
2. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
3. Contoh Soal dan Pembahasan
Panduan ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi sekolah/madrasah dalam
mempersiapkan peserta didik menghadapi Ujian Nasional 2007/2008. Khususnya
bagi guru dan peserta didik, buku panduan ini diharapkan dapat menjadi acuan
dalam mewujudkan proses pembelajaran yang lebih terarah, sesuai dengan
Standar Kompetensi Lulusan yang berlaku pada satuan pendidikan.
Semoga buku panduan ini bermanfaat bagi semua pihak yang terkait dalam
persiapan dan pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2007/2008.
Jakarta, Januari 2008
Kepala Pusat
Burhanuddin Tola, Ph.D.
NIP 131099013
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS ii
DAFTAR ISI
Halaman
Kata pengantar ............................................................................. i
Daftar Isi ..................................................................................... ii
Gambaran Umum .......................................................................... 1
Standar Kompetensi Lulusan .......................................................... 2
Contoh Soal:
• Standar Kompetensi lulusan 1 ....................................................
• Standar Kompetensi lulusan 2 ....................................................
5
23
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 1
• Ujian nasional tahun pelajaran 2007/2008, bentuk tes Bahasa
Inggris tingkat SMK berupa tes tertulis dengan bentuk soal
pilihan ganda, sebanyak 50 soal terdiri dari 15 soal listening
comprehension dan 35 soal reading comprehension dengan
alokasi waktu 120 menit.
• Acuan yang digunakan dalam menyusun tes ujian nasional adalah
standar kompetensi lulusan tahun 2008 (SKL–UN–2008).
• Materi yang diujikan untuk mengukur kompetensi tersebut
meliputi:
1) Listening: Pemahaman teks lisan dengan cara menemukan
pernyataan yang tepat dari gambar yang diberikan,
menemukan pesan utama dan informasi rinci serta
menemukan respon yang tepat dari ungkapan-ungkapan yang
terdapat dari sebuah pertanyaan percakapan atau teks lisan
fungsional pendek.
2) Reading: Pemahaman isi teks fungsional pendek tertulis
seperti agenda, memo, laporan singkat, surat bisnis, surat
pribadi, iklan pendek, dll, dengan menemukan pesan utama,
informasi rinci tersurat/tersirat, rujukan kata sinonim,
antonim, makna kata dan menemukan kata/frase dalam teks
atau percakapan pendek tertulis yang tidak sesuai dengan
konteks dan tata bahasa, serta menentukan respon yang
tepat dari ungkapan-ungkapan yang terdapat dalam teks
tertulis.
GAMBARAN UMUM
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 2
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
(SKL)
URAIAN
1. LISTENING (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wacana
lisan interpersonal, transaksional
dan teks fungsional pendek
berkaitan dengan kehidupan seharihari,
pekerjaan, dan keprofesian.
• Menemukan pernyataan lisan yang
tepat menyangkut gambar.
• Menemukan respon yang tepat dari
ungkapan-ungkapan berikut:
- salam dan perpisahan
- cara berterimakasih
- perkenalan diri/orang lain
- deskripsi benda, orang, situasi
dan proses
- perbandingan dua atau lebih
benda/orang/situasi
- penanganan tamu/pelanggan
secara langsung atau tidak
langsung
- imperatif: perintah, permintaan,
larangan, arahan/petunjuk
- penawaran
- persetujuan
- pemesanan
- saran
- pendapat
- nasihat
- kemampuan
- izin
- kemungkinan
- keharusan
- pujian
- undangan
- penyesalan dan permintaan maaf
- pilihan
- pengandaian
- hobi/minat
- kegiatan sehari-hari/sedang
berlangsung/lampau/terencana/
sudah atau belum dilakukan
- kebiasaan pada waktu lampau
• Menemukan pesan utama dan
informasi rinci dalam teks lisan.
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 3
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
(SKL)
URAIAN
2. READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana
tulis interpersonal, transaksional
dan teks fungsional pendek
berkaitan dengan kehidupan seharihari,
pekerjaan dan keprofesian.
• Menemukan respon yang tepat dari
ungkapan-ungkapan berikut:
- salam dan perpisahan
- cara berterimakasih
- perkenalan diri/orang lain
- deskripsi benda, orang, situasi
dan proses
- perbandingan dua atau lebih
benda/orang/situasi
- penanganan tamu/pelanggan
secara langsung atau tidak
langsung
- imperatif: perintah, permintaan,
larangan, arahan/petunjuk
- penawaran
- persetujuan
- pemesanan
- saran
- pendapat
- nasihat
- kemampuan
- izin
- kemungkinan
- keharusan
- pujian
- undangan
- penyesalan dan permintaan maaf
- pilihan
- pengandaian
- hobi/minat
- kegiatan sehari-hari/sedang
berlangsung/lampau/terencana/
sudah atau belum dilakukan
- kebiasaan pada waktu lampau
• Menemukan kata/frasa dalam
sebuah teks tertulis/percakapan
pendek yang tidak sesuai dengan
tatabahasa atau konteks
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 4
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
(SKL)
URAIAN
• Menemukan pesan utama, informasi
rinci tersurat/tersirat, rujukan kata,
sinonim, antonim, makna kata dari
teks tertulis dalam bentuk
pengumuman, surat, menu, tabel,
jadwal, instruksi, iklan, profil, peta,
agenda, katalog, manual, lowongan
kerja, lebel dan diagram.
SMK ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG – DEPDIKNAS 5
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 1. LISTENING (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wacana
lisan interpersonal, transaksional dan
teks fungsional pendek berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari,
pekerjaan, dan keprofesian.
URAIAN Describing things.
INDIKATOR Diperdengarkan empat pertanyaan
tentang lokasi sebuah benda, siswa
dapat memilih satu respon yang
sesuai dengan gambar yang
diberikan.